Latest News

5 Cara Mudah Kontrol Nafsu Makan


CARA-UNTUK - Idealnya makanan yang dikonsumsi itu beragam demi memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan. Namun rupanya makanan tidak menyehatkan seperti mi instan, gorengan, burger dan es krim lah yang kerap kita asup.
Karena itu kontrol diri diperlukan. Jangan sampai Anda terbawa nafsu. Untuk itu, cobalah cara berikut seperti dilansir Liputan6 dari boldsky, Kamis (2/7/2014) :

1. Makan dalam porsi kecil
Jika rasa ingin makanan tertentu sudah tak terbendung, boleh saja makan tapi dalam porsi lebih sedikit dari biasanya. Ini berfungsi untuk melatih otak mampu mengontrol makanan yang dikonsumsi.

2. Kurangi gula
Gula, jadi salah satu kandungan yang biasanya membuat orang jadi kecanduan dalam makanan tertentu. Oleh karena itu, jauhkan makanan manis dari hadapan Anda agar tak mudah tergoda. Ganti dengan buah atau sayuran.

3. Makan Teratur
Cobalah untuk makan teratur untuk menyingkirkan kecanduan makanan tertentu.

4. Lanjutkan dengan berolahraga
Biasakan, usai makan makanan yang membuat Anda kecanduan untuk dilanjutkan berolahraga. Ini adalah salah satu cara yang mudah untuk membantu menyingkirkan kecanduan makanan.

5. Cari aktivitas alternatif
Jika kecanduan makanan karena sedang stres atau tertekan. Segera alihkan rasa ingin makan sesuatu tersebut dengan aktivitas lain. Misalnya meditasi, yoga, atau pijat refleksi.